Monday 25 May 2015

PERAWATAN BABY SPA


Baby Spa di Rumah atau pijat bayi semakin banyak diminati oleh ibu rumah tangga masa kini. Padahal sejak zaman nenek kita dulu, pijat bayi sebenarnya sudah rutin dilakukan. Bayi dan anak yang sulit tidur atau sering menangis, biasanya langsung membaik setelah dipijat. Sekarang, pijat bayi dikemas dalam paket spa yang tidak saja modern, tapi juga makin lengkap dengan adanya terapi air di kolam khusus bayi.

Dalam melakukan baby spa atau pijat bayi, bunda memerlukan tempat pemijatan yang bersih dengan permukaan yang rata. Kalau Bunda tidak memiliki massage bed, permukaan yang rata bisa dilapisi dengan handuk lembut agar si kecil merasa nyaman. Alas yang empuk untuk kepala bayi juga diperlukan.

Selain berbagai perlengkapan tersebut, Bunda juga membutuhkan minyak untuk mengurangi gesekan antara tangan Bunda dengan kulit si kecil. Penggunaan baby oil dapat memberikan manfaat tersebut sekaligus melembutkan kulit si kecil.

Baby Spa di Rumah atau pijat bayi memberikan manfaat rangsangan untuk meningkatkankematangan sistem saraf pusat dan perkembangan optimal tujuh sistem sensorik. Hal tersebut menjadi dasar tercapainya perkembangan kognitif, gerak, dan fungsi sensor yang berujung pada tercapainya kecerdasan majemuk. Untuk bayi yang dilahirkan secara Caesar, pijat bayi perlu rutin dilakukan untuk meningkatkan stimulasi dan rangsangan terhadap sistem saraf pusat dan tujuh sistem sensorik. Hal tersebut karena saat dilahirkan, bayi tersebut tidak menggunakan refleks alami yang digunakan bayi normal saat menggerakkan seluruh anggota tubuhnya untuk keluar dari perut sang ibu. Sehingga dengan pijat bayi, bisa mempercepat proses rangsangan dan stimulasi terhadap system saraf pusat dan tujuh sistem sensorik.

No comments:

Post a Comment